Kamis, 29 Maret 2012

Hamtaro? Unyu Banget!

Pasti telinga kalian-kalian pernah denger namanya Hamtaro 'kan? Pasti pernah! Kalau nggak? -.-
Hamtaro itu lucu 'kan? Mimin suka banget ngelihatin mukanya yang imut! Rasanya pengen nyubit-nyubit pipinya. Berhubung Mimin lagi pengen nulis sesuatu tentang hammy nih. Hehehe...

Hamster adalah hewan kecil sejenis hewan pengerat. Ada banyak jenisnya, lho! Ada yang namanya Winter White, lucu loh! Kalau suhunya lagi dingin, bulunya jadi putih bersih! Kalau suhunya normal, kembali lagi ke warna semula. Lucu ya? Ada juga yang namanya Roborovski. Hamster yang satu ini jenis hamster yang terkecil daripada jenis lainnya loh! Penakut sih, tapi lincah. Imut gitu loh! Ada juga yang namanya Campbell. Ini sih yang sering kita-kita lihat di pasaran. Warnanya macam-macam. Sifatnya? Baik..sekali.KECUALI ketika terancam atau merasa terganggu. Terbukti! Mamoru selalu berusaha nyokot kalau ada yang ngganggu tidurnya. Eh? Mamoru itu siapa? Siapa lagi selain hamster Mimin yang jantan!

Mamoru termasuk hamster Campbell Lilac. Lucu dia!

Seperti itu tampang hamster ras Campbell Lilac. Mamoru mirip seperti gambar di atas. Jelas 'kan? Matanya seperti permata rubi.Bulunya berwarna abu-abu muda bergaris abu-abu tua dari kepala sampai ekor. Campbell Lilac memiliki 3 gen, lho! Tiga gen tersebut adalah gen Argente, Opal, dan Black. Hamster ras Campbell Lilac ini termasuk hamster kelas atas loh! Keren...

Menurut Mimin, merawat hamster itu gampang dan nggak repot! Hamster hanya butuh kandang kecil, makanan, dan minuman. ITU SAJA! Plus, kasih sayang kalian tentunya. Kandangnya nggak usah besar-besar. Mereka badannya 'kan kecil, nggak seperti anjing gitu! Makanannya? Biji bunga matahari bisa, jagung bisa. Mimin biasanya beli makanannya di pasar hewan, tepatnya di pasar burung. Entah kenapa di pasar burung juga jual makanan hamster. Hahaha~ Kalau minumannya apa? Orange juice? Enaknya! Air tawar saja cukup, kok! Kalau bisa, jangan air kran. Air yang dijual orang-orang lewat rumah kita-kita itu lho! Gampang 'kan ngerawat hamster? Cuma perlu tiga itu doang.

Ada satu lagi sih, tapi nggak terlalu penting. Dia juga perlu M-A-N-D-I. Tapi. perasaan hamster nggak boleh dimandiin deh? Maksud Mimin bukan dimandiin pakai air dan sabun, maksud Mimin dengan pasir wangi khusus hamster! Cara mandiinnya gimana? Gampang, tinggal masukin pasirnya ke dalam rumah-rumahan kecil di dalam kandang hamster. Nanti, hamsternya akan berguling-guling di situ dengan sendirinya sampai putih semua. Tapi, ada-ada saja hamster yang benci mandi, seperti Mamoru. Setiap kali Mimin kasih pasir wangi di rumahnya, selalu digali keluar! Kalau nggak gitu, ya dikencingin atau diberi poopT^T. Terus, kalau gitu nggak berguna dong beli pasir wangi? Nggak lah! Caranya mandiin hamster yang nggak suka mandi memang sedikit beda. Caranya Mimin, hamsternya masukin dulu ke kotak kosong. Kalau sudah masuk, ditaburin deh pasirnya ke hamsternya. Kalau gitu hamsternya nerima-nerima aja dimandiin. Manja ya? Hihihi...

Nah, biasanya ini yang dipertanyakan ketika beli hamster. Itu JANTAN atau BETINA? Kalau mau ngecek, harus akrab dulu dengan hamsternya. Kalau nggak, bisa dicokot nanti! Pertama, pegang hamsternya dengan posisi perutnya menghadapimu. Lalu, lihat alat kelaminnya. Jika alat kelaminnya jauh dari anus, maka itu adalah JANTAN. Jika sebaliknya, maka itu BETINA. Lebih jelas lihat gambar..

Sudah ngerti, 'kan? Ada tips lain untuk membedakan jenis kelamin hasmter. Lihat badannya. Badan hamster jantan lebih panjang dibandingkan hamster betina. Hamster betina juga biasanya lebih gemuk daripada hamster jantan, apalagi kalau waktu hamil atau mau melahirkan. Sikap hamster betina juga lebih agresif daripada hamster jantan. Tapi, tergantung pemiliknya. Seperti Miiko!

Loh? Siapa Miiko? Si Yamada Miiko itu? Bukanlah! Miiko adalah hamster betina Mimin! Tapi, udah ke surga. Miiko dan Mamoru dulu selalu bermain bersama, karena pertama kali Mimin beli mereka, mereka masih remaja. Biasalah, anak-anak. Miiko termasuk jenis Campbell Blue Fawn. Sama seperti Mamoru, ia punya garis panjang. Hanya saja warna bulunya coklat muda gitu. Matanya berwarna merah, seperti Mamoru. Hamster jenis Campbell Blue Fawn seperti ini tampangnya..

Kelihatan garis punggungnya, 'kan? Matanya muerah seperti permata rubi, persis seperti punya Mamoru.^v^

 Mamoru dulunya yang galak, sekarang jadi kalem. Miiko dulu yang penakut, lalu jadi friendly. Sayang, dia mati kapan hari karena sakit mata. Mimin nggak sempat membawanya ke klinik hewan. Maafkan saya ya, Miiko...
Walaupun tinggal Mamoru, Mimin masih senang merawat hamster. Soalnya, hamster itu lucu, imut, unyu gitu loh! Udah cara ngerawatnya gampang banget! Oh, Mimin belum ngasih tahu tips memelihara hamster ya? OK deh, cekidot!

-Bersihkan kandangnya minimal sekali semimggu. Tergantung, sih. Ketika kandangnya sudah menimbulkan bau yang menusuk, walaupun belum seminggu, bersihkan saja!
-Kandangnya kalau bisa ditempatkan ditempat gelap, karena hamster merasa nyaman ketika gelap.
-Setelah membeli hamster, usahakan untuk nggak diutak-atik dulu. Biar dia bisa beradaptasi dan nggak stress.
-Jika kamu sudah punya hamster, lalu membeli seekor lagi, jangan langsung digabung di kandangnya! Masukkan mereka ke dalam sebuah kotak yang sudah diisi serutan kayu. Sebelum itu, bersihkan alat kelaminnya dengan perlahan. Tujuannya? Agar mereka dapat akrab dan tidak bertengkar.
-Mimin lebih suka memberi makan biji-bijian kepada hamster, daripada jagung. Jangan pernah memberi  hamster makan SAYUR HIJAU. Soalnya, Mimin pernah ngasih Miiko dan Mamoru bayam. Sehari kemudian, mereka berdua sakit diare. Terlihat jelas karena poop-nya berwarna sedikit kehijauan dan encer. Iya lah!

Sekian dari Mimin.Untuk bonus, Mimin akan menambahkan video kenangan Miiko. Sebelum Miiko mati, Mimin sempat merekamnya bermain dengan Mamoru.

Miiko yang coklat, Mamoru yang abu-abu. Lucu 'kan mereka?

Segini dulu post Mimin kali ini. Stay tune at Lychee, okay?

Mimin_Sonoko regards

1 komentar:

aisoice mengatakan...

Terima kasih infonya bro, mantabbbbssss........
Ditunggu postingan2 lainnya.

Gema Parfum
Parfum yang baunya kalem.

----------

Posting Komentar